Penyebab Nafsu Makan Bayi Menurun yang Perlu Diwaspadai

Penyebab nafsu makan bayi menurun. Nafsu makan bayi yang menurun menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Penyebab nafsu makan bayi yang turun terjadi karena beberapa faktor. Maka dari itu, Anda wajib untuk mengetahui supaya anak tetap sehat dan mendapatkan nutrisi dari makanan yang bayi Anda konsumsi.

Hampir semua orang tua mengalami kebingungan Ketika bayi susah makan atau menurun nafsu makannya. Jika hal tersebut menimpa diri Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah cari tahu apa saja penyebab nafsu makan bayi Anda berkurang.

5 Penyebab Nafsu Makan Bayi Anda Menurun

Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 penyebab yang membuat nafsu makan bayi Anda turun Berikut beberapa penyebabnya yang wajib Anda ketahui:

1. Dalam Fase Pertumbuhan

Penyebab nafsu makan bayi yang turun yang pertama adalah bayi Anda masih dalam fase pertumbuhan. Hal ini sangat normal dan dapat berlangsung hingga 16 bulan. Pada usia tersebut biasanya bayi Anda akan mengonsumsi makanan lebih sedikit. Seiring dengan tumbuh kembangnya, akan bertambah juga nafsu makannya.

2. Tumbuh Gigi

Mulai tumbuh gigi juga menjadi penyebab bayi Anda mengalami kehilangan nafsu makannya. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, masalah ini hanya terjadi sementara waktu saja kok.

Biasanya anak mengalami penurunan nafsu makan hanya kurang lebih dua mingguan saja. Setelah itu, anak akan Kembali lahap seperti biasanya. Namun, dengan catatan tidak mengalami masalah lain seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini. Jadi, lanjutkan membacanya sampai selesai ya.

3. Sakit Tenggorokan

Penyebab nafsu makan bayi menurun juga karena sakit tenggorokan. Penyebab sakit tenggorokan dikarenakan ada infeksi virus yang menyerang dan membuat bayi demam.

Ketika Anda memeriksakan ke dokter, jangan hanya periksa untuk mengobati penyakitnya saja, tapi mintalah obat untuk menumbuhkan nafsu makannya. Sehingga pemulihannya lebih cepat.

4. Penyesuaian dengan Makanan

Bayi mulai makan setelah melewati usia enam bulan. Pada usia satu hingga bulan biasanya bayi hanya mengonsumsi ASI saja. Masa peralihan dari ASI ke MPASI membutuhkan penyesuaian. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal ini dan berikanlah makanan pada bayi sedikit demi sedikit.

Selain itu, Anda bisa juga memberikan makanan ke bayi Anda dengan makanan berbagai rasa. Hal ini supaya anak bisa mengenal macam-macam rasa sehingga bisa menerima makanan tersebut.

5. Kesehatan Menurun

Kesehatan yang menurun tidak hanya terjadi pada bayi saja. Melainkan, orang dewasa juga sering mengalami penurunan Kesehatan. Jika Kesehatan Anda atau bayi mengalami penurunan, efeknya nafsu makannya pun menjadi berkurang.

Solusi jika hal tersebut menimpa bayi, adalah dengan tetap memberikan makan sesering mungkin meskipun hanya sedikit.

6. Konstipasi

Penyebab lainnya adalah karena bayi Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Situasi ini sering kali terjadi terutama pada bayi. Penyebabnya adalah perut bayi masih perlu penyesuaian dalam mencerna makanan sehingga masalah sembelit bukan lagi masalah baru.

Jika bayi mengalami mogok makan akibat dari konstipasi ini, Anda perlu memberikan perhatian khusus. Anda harus memperhatikan makanan yang akan diberikan kepada anak Anda. Terutama yang menyebabkan anak Anda sembelit. Tunggulah sampai anak Anda sembuh, lalu baru coba berikan makanan lain yang menyehatkan.

Itu tadi beberapa penyebab nafsu makan bayi turun yang perlu Anda ketahui. Tetap berikan asupan bayi yang sehat dan seimbang. Ketika nafsu makan bayi menurun, Anda perlu memberikan perhatian ekstra dengan memberikan makanan yang disukai bayi dan memberikan makan makan sesering mungkin sedikit demi sedikit.

Terus baca artikel kami di calmy.id untuk mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan bayi dan anak-anak.