Waktu Mandi Terbaik untuk Bayi

Halo Ayah, Bunda, Mas dan Mbak sekalian yang sedang memiliki bayi atau calon bayi. Pasti semua sibuk untuk mencari informasi terbaik apa saja untuk bayi dan calon bayi ya! Ya, di tulisan kali ini kita akan membahas perihal waktu mandi terbaik untuk anak yang masih bayi. Sudah siap membaca dan mencermati ya Ayah dan Bunda semuanya?

Oh ya, untuk tulisan ini konteksnya adalah kita yang berada di Indonesia ya Ayah dan Bunda. Kenapa begitu? Karena frekuensi mandinya di Indonesia dengan di Negara yang memiliki empat musim seperti di Eropa, Amerika dan Australia adalah berbeda. Kita biasanya mandi pagi jam sekitar jam 6 sd 8  pagi dan mandi sore sekitar jam 4 sd 6 sore. Sementara di Negara dengan 4 musim, frekuensi mandi tidak selalu 2 dan tidak selalu di jam tersebut.  

Oke, kembali ke topik yaitu waktu mandi terbaik untuk bayi ya!

Waktu Mandi Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Kita mulai waktu mandi terbaik untuk bayi dari bayi yang baru lahir ya Ayah dan Bunda. Kenapa dari situ mulainya? Ya, karena penanganan untuk bayi baru lahir dengan bayi yang berusia dua ata tiga hingga dua belas bulan tentulah berbeda. Kekuatan dan sensitifitas kulitnya pun tidak sama dengan kita-kita yang orang dewasa ini. Frekuensi mandinya tidak sama juga dengan kita dua kali sehari Ayah dan Bunda. Tentu lebih sedikit sekali frekuensinya. 

Untuk bayi yang baru lahir atau belum berusia sebulan, sebenarnya memandikan sehari sekali di pagi hari sebelum atau sesudah berjemur adalah sudah cukup. Ini karena kulit bayi baru lahir atau yang belum berusia satu bulan masihlah sangat sensitif dan rawan terkena efek bahan kimia dari sabun dan shampoo bayi. 

Memandikan dua kali sehari di pagi sebelum berjemur dan di sore hari juga tidak masalah. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah air harus hangat dan sabun/shampo cukup sedikit saja. Kemudian, memandikannya secara perlahan dan sangat berhati-hati karena badan dan tulang bayi belum begitu kuat. 

Waktu Mandi Terbaik untuk Bayi di Atas 1 Bulan 

Bayi yang berusia di atas 1 bulan sudah mulai lebih kuat daripada bayi yang baru lahir. Waktu mandi terbaik tersebut adalah kurang lebih sama seperti pada masa sebelumnya. Bayi bisa kita mandikan di pagi hari mendekati cuaca yang hangat agar bisa langsung berjemur setelahnya. Penggunaan sabun dan shampoo bisa kita sesuaikan, hanya saja pemberian bedak kepada bayi setelah mandi tidak kami anjurkan karena mempengaruhi ke sistem pernafasan yang belum sempurna dari bayi. 

Untuk mandi sore, bisa dilakukan jauh setelah selesai makan siang atau tidak terlalu dekat dari waktu tidurnya. Tentu mandi sorenya tidak akan mengganggu jam makan siang ataupun jam tidur malamnya. Mandi untuk bayi adalah berhubungan dengan kebersihan bayi. Namun, kita tidak bisa memandikannya dengan frekuensi terlalu banyak. 

Untuk bayi berumur hampir setahun dan lebih, waktu mandi yang paling baik untuk bayi di sekitar umur tersebut adalah kurang lebih sama. Waktu mandi terbaik untuk bayi juga atas pilihan bijak Ayah, Bunda, Mas dan Mbak sekalian ya! Walaupun sama-sama di Indonesia, waktu mandi terbaik juga bisa berbeda antara daerah pegunungan, pedesaan, perkotaan dan juga dipengaruhi aktifitas kesibukan Ayah dan Bunda semua. Lebih esensial adalah, pilihan bijak waktu mandi terbaik adalah dari Ayah dan Bunda sekalian. 

Terus baca artikel kami di calmy.id untuk mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan bayi dan anak-anak.

Waktu Mandi Terbaik untuk Bayi