Minyak Untuk Bayi Kolik yang Aman dan Nyaman

Minyak untuk bayi kolik, sudah pasti menjadi benda penting yang harus selalu ada di rumah yang memiliki seorang bayi. Meskipun ahli kesehatan menganggap kolik itu lumrah dialami bayi dan tidak berbahaya, tetap saja sebagai orangtua, rasanya seperti tidak berdaya melihat buah hati menangis tanpa henti karena kesakitan di area perutnya. 

Nah, jika dahulu orang-orang tua menganjurkan cara tradisional dengan meletakkan daun jarak hangat dan minyak kelapa di perut bayi, sekarang jauh lebih praktis. Di pasaran saat ini, mudah sekali menemukan berbagai merk produk dengan masing-masing kelebihannya. Agar tidak bingung atau salah memilih, yuk simak beberapa minyak untuk bayi kolik yang bisa Bunda gunakan agar sakitnya cepat mereda. 

Minyak Pala

Buah Pala adalah salah satu rempah nusantara yang diburu sejak jaman kolonial, karena efektif menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba. Selain untuk memperkaya aroma dan cita rasa, Pala juga bermanfaat untuk pengobatan. 

Pembuatan minyak untuk bayi kolik dari buah pala, salah satunya karena kandungan mentol yang terbukti ampuh menghilangkan rasa sakit secara alami. Seratnya bisa membantu masalah pencernaan, seperti kembung, kram perut, dan nyeri, yang biasanya menyertai ketika bayi mengalami kolik. Sedangkan kandungan magnesiumnya, bisa mengurangi ketegangan syaraf dan merangsang pelepasan serotoni, yang efektif menghilangkan insomnia dan kegelisahan di malam hari. 

Jika Bunda ingin menggunakan minyak Pala untuk meredakan kolik, pastikan informasi sejelas-jelasnya dari konsultan atau penjualnya. Meskipun kebaikannya banyak, buah Pala ternyata juga memiliki efek samping, terutama jika digunakan melebihi dosis yang dianjurkan. Seperti menimbulkan halusinasi dan kerusakan organ.

Minyak Esensial

Selama ribuan tahun, essential oil atau minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak tanam-tanaman sudah digunakan sebagai aromaterapi maupun pengobatan. Di jaman modern saat ini, penggunaan minyak esensial untuk berbagai masalah kesehatan semakin populer. 

Namun yang harus diperhatikan, ternyata tidak semua minyak esensial aman untuk bayi, ya Bunda. Apalagi kulit bayi masih sangat sensitif dan organ tubuhnya sedang berkembang. Jadi pastikan, cermat dalam memilih minyak esensial yang aman dari senyawa berbahaya. Diantaranya, pastikan selalu dosis yang digunakan tidak berlebihan, dan jangan mengaplikasikan minyak esensial langsung ke kulit bayi. Campurkan dahulu dengan air atau baby oil, untuk menghindari efek buruk yang mungkin terjadi. 

Dari berbagai macam pilihan, minyak untuk bayi kolik yang bisa Bunda pilih adalah minyak Chamomile, minyak Lavender, dan minyak Dill. Minyak Chamomile yang dicampur dengan minyak Lavender terbukti efektif mengurangi gejala kolik pada bayi, menghilangkan kecemasan dan depresi, serta membantunya tidur nyenyak. Sedangkan minyak dari daun Dill yang memiliki nama latin Anethum Sowa, bagus untuk mengatasi kejang otot di saluran cerna, sehingga ideal untuk pijat.  

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun telah lama digunakan untuk berbagai keperluan. Baik kesehatan jantung dan otak, memperkaya masakan, juga untuk kecantikan. 

Tapi ternyata minyak zaitun memiliki manfaat lain, yaitu meredakan nyeri kolik pada bayi sekaligus menenangkannya. Caranya cukup mudah. Cukup hangatkan minyak zaitun dan pijat-pijat di area perut dengan gerakan searah jarum jam. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa kembung dan sembelit akibat kolik.

Demikian beberapa contoh minyak untuk bayi kolik yang bisa Bunda terapkan di rumah. Luar biasa ya? Semoga bermanfaat untuk buah hati, ya Bunda.

Terus baca artikel kami di calmy.id untuk mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan bayi dan anak-anak.