Ini Dia Cara Tepat Melakukan Pijatan Untuk Bayi Batuk Pilek!

    Cara Menidurkan Bayi Kolik

    Cuaca lagi nggak menentu yah bunda, kadang hujan deras sejurus kemudian matahari terik. Cuaca tak menentu ini pun bikin si kecil gampang pilek dan batuk. Banyak ibu memilih melakukan pijatan untuk bayi pilek ketimbang memberinya obat. Apalagi, belakangan heboh sirup anak diduga jadi penyebab gagal ginjal akut.

    Beberapa alternatif bisa dilakukan ibu di rumah tanpa memberikan obat apalagi sirup yang dinilai berbahaya, yaitu dengan memberikan pijatan lembut di area punggung, dada, dan juga telapak kaki anak. Pakainya minyak balur untuk bayi kaya manfaat.

    Berikut beberapa teknik pijatan untuk bayi batuk pilek pakai minyak balur untuk bayi.

    – Ketuk secara ringan 

    Untuk teknik ini dilakukan dengan cara mengetuk dengan dua jari di area dada anak sebanyak lima hingga 10 kali.

    – Urut dengan cara searah jarum jam

    Letakkan tangan di area dada dengan cara memutar searah jarum jam selama lima sampai 10 kali putaran. Pastikan posisi anak baik, bisa dengan cara berdiri, duduk, hingga berbaring juga tidak mengapa. Jadi lakukan dengan cara pelan yang terpenting anak merasa nyaman.

    – Menepuk area punggung 

    Untuk teknik pijat yang satu ini dilakukan di area punggung dengan cara yang lembut. Caranya, tepuk dengan menggunakan teknik searah dari  bawah ke atas. Jadi jangan lakukan dengan cara menurun atau menyilang yah.

    – Teknik Kompres 

    Mungkin ini adalah teknik yang paling banyak dilakukan ibu kalau si kecil demam. Yah kompres bagian dada anak menggunakan gel. Kalau tidak punya, pakai bahan yang ada di rumah saja seperti kain atau handuk kecil. Kompres pakai air hangat dan juga air dingin.

    Dikutip dari laman haibunda disebutkan, kalau teknik ini berfungsi agar pembuluh darah arteri terbuka lebar.

    – Teknik open book

    Seperti namanya, menggunakan teknik ini dengan cara seperti membuka buku. Caranya, usap dada ke arah ke luar menyentuh area pundak. Tujuannya, melancarkan area getah bening.

    Titik Pijat Batuk Pilek Anak

    Selain pilek biasa, Anak-Anak juga terkadang pilek dan disertai batuk. Cara tradisional yang bisa dilakukan untuk meredakannya adalah memijat area titik pijat batuk pilek anak. Beberapa titik pijat yang perlu diketahui bunda antara lain, area tulang selangka, ibu jari, area tenggorokan, pergelangan tangan, hingga area siku.

    Tekanan di area siku 

    Cukup lakukan secara rutin sebanyak lima menit setiap harinya, dengan cara menekan titik di area sendi siku.

    Titik area tenggorokan

    Untuk area ini, berada di bagian bawah jakun anak. Cukup letakkan telunjuk di bawah jakun tersebut Kira-Kira 3 sampi 4 cm di bawah jakun itu, lalu tekan sedikit secara lembut

    Area Pergelangan tangan 

    Tepatnya di area pangkal ibu jari bagian bawah. Letakkan ibu jari bunda pada lekukan tersebut lalu tahan Kira-kira 3 sampai 4 menit. Lakukan dengan cara yang sama di tangan yang sebelahnya. Manfaat yang bisa didapatkan ketika menekan area ini adalah mengurangi masalah yang ada di paru-paru termasuk mengurangi gejala batuk.

    Area tulang selangka 

    Tepatnya di sisi luar dada. Titik tepatnya adalah sekitar tiga jari ke bawah arah tulang selangka si kecil. Cukup dengan menekannya secara lembut selama 3 sampai 4 menit-an saja, berbagai manfaat bisa didapatkan seperti mengurangi sesak atau masalah batuk.

    Manfaat Pijat Batuk Pilek Pada Bayi

    Pada dasarnya manfaat pijat batuk pilek pada bayi adalah minimal meredakan batuk serta bikin tenggorokan dan pernapasannya lega, intinya gangguan pernafasan pada bayi akan hilang jika dilakukan dengan cara benar.

    Tetapi ingat yah bunda kalau pijatan untuk bayi batuk pilek ini hanyalah alternatif untuk meringankan gejalanya saja. Minyak balur untuk bayi sebagai alternatif bisa langsung dipesan di sini.

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.