Cara Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan yang Perlu Diketahui

    Cara Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan yang Perlu Diketahui

    Bayi Anda sudah menginjak usia 7 bulan, tetapi masih susah makan? Sepertinya Anda perlu mengetahui cara mengatasi bayi 7 bulan susah makan yang informasinya akan kami bagikan pada artikel di bawah ini.

    Penyebab bayi susah makan terjadi karena beberapa faktor mulai dari merasa kenyang, sakit, terlalu Lelah, kurang tertarik dengan makanan yang Anda suguhkan dan lainnya.

    Penyebab bayi susah makan tersebut terlihat sepele, namun jika Anda biarkan akan membuat masalah yang serius, seperti anak kekurangan gizi, anak menjadi kurus dan masih banyak masalah lain yang cukup fatal.

    Berbagai Cara Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan

    Menghadapi masalah bayi usia 7 bulan yang susah makan memang melelahkan. Namun, memang ini yang sudah menjadi tugas Anda sebagai orang tua untuk tetap memperhatikan anak Anda termasuk masalah susah makan. Berikut ada cara mengatasi bayi 7 bulan susah makan yang bisa Anda coba:

    1. Menyuapinya Pelan-pelan

    Cara yang perlu Anda lakukan ketika bayi mengalami susah makan adalah dengan tetap menyuapinya dengan pelan-pelan. Namun, Anda perlu tahu juga, jika anak Anda menolak jangan dulu Anda paksakan. Namun, Anda bisa coba mencari lebih dalam penyebab anak Anda susah makan.

    Langkah pertama bisa dengan mengenali waktu bayi Anda mulai merasa lapar. Karena jika bayi belum lapar dan Anda memaksakan untuk tetap makan, sampai kapan pun tetap bayi akan tetap menolaknya. Dalam memberikan makanan pun sebaiknya awali dengan porsi kecil namun, sering daripada langsung porsi besar.

    2. Menghaluskan Makanan

    Bayi yang masih berusia 7 bulan terkadang sulit untuk mengunyah. Anda bisa coba menghaluskan makanan yang akan Anda berikan kepada si bayi. Bisa jadi, anak Anda susah makan karena kesulitan dalam mengunyahnya. Maka dari itu, menghaluskan makanan bisa menjadi solusi bagi Anda supaya bayi mau makan.

    Cara menghaluskan makannya pun banyak caranya. Anda bisa dengan menambahkan air putih atau bisa juga dengan menambahkan susu. Banyak cara yang bisa Anda coba untuk menghaluskan makanan. Cara lainnya bisa dengan cara diblender.

    3. Berikan Makanan yang Bayi Suka

    Cara mengatasi bayi 7 bulan susah makan bisa juga dengan terus memberikan makanan yang bayi sukai. Semnetara waktu, Anda coba hindari memberikan makanan yang baru karena bisa menyebabkan anak susah makan. Bisa jadi, anak Anda kurang menyukai makanan baru tersebut sehingga menolaknya.

    Jika masalah yang terjadi sebaliknya, seperti anak menolak makanan padahal biasanya makanan tersebut adalah makanan kesukaannya, maka Anda bisa mencoba memberikan dengan makanan yang baru. Anda bisa juga dengan memberikan campuran makanan supaya terlihat berbeda rasanya dengan makanan sebelumnya.

    4. Berikan Makanan Pada Waktu yang Tepat

    Biasanya, bayi akan menolak makanan yang Anda berikan Ketika dalam kondisi sedang mengantuk. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kapan waktu terbaik saat memberikan makanan kepada bayi Anda. Biasanya bayi akan mudah menerima makanan jika Anda ajak bermain. Tidak ada salahnya Anda coba cara tersebut.

    5. Jauhkan Makanan Pemicu Alergi

    Anak susah makan salah satu pemicunya karena alergi. Anda sebaiknya jauhkan dari anak daftar makanan yang dapat menyebabkan alergi. Contoh makanan yang biasa memicu alergi seperti, telur, susu, kedelai, kacang dan lainnya.

    Sudah tahu kan cara mengatasi bayi 7 bulan susah makan? Anda bisa coba beberapa cara di atas. Anda perlu ketelatenan dalam memberikan makan ke bayi. Kenalkan dengan makanan baru saat bayi merasa bosan, namun jangan terlalu sering.

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.