Cara Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi

    cara meredakan batuk pilek pada bayi

    Si kecil lagi batuk pilek, bahkan sepekan menghilang, batuknya balik lagi. Pernyataan tersebut dilontarkan para orangtua yang dibuat pusing dengan kondisi anak apalagi yang masih bayi. Apakah ada cara meredakan batuk pilek pada bayi dan batuknya tidak kembali lagi? Simak penjelasan di bawah hingga tuntas. 

    Perlu diketahui kalau seseorang sedang batuk sebenarnya karena reaksi dari tubuh yang mengeluarkan kotoran, maupun diduga virus maupun kuman melalui saluran pernapasan. Sehingga, kalau bayi sedang batuk  tidak mengapa, sepanjang tidak dibarengi gejala lainnya.

    Dikutip dari situs alodokter, berikut cara meredakan batuk pilek pada bayi tanpa harus memberikan obat.  

    Gempur ASI 

    Kalau sikecil masih ASI dan batuk pilek, gempur ASI. ASI memiliki kandungan yang akan memperkuat kekebalan tubuh sikecil dan melawan infeksi. ASI juga bagus mengencerkan dahak dan bikin tenggorokan sang bayi lega. Tanpa perlu diberi obat, ASI akan menjadi obat batuk untuk si kecil.

    Berikan Uap 

    Salah satu fungsi memberi uap saat bayi pilek adalah ampuh mengencerkan dahak dan pernapasan bayi bisa lega. Caranya sediakan air hangat dengan suhu di kisaran 37,2 derajat  hingga 38 derajat lalu hirupkan si kecil.

    Berikan cairan saline 

    Sebagai obat tetes yang diberikan ke hidung dianggap ampuh mengeluarkan dahak dan lendir dari hidung. Biasanya terbuat dari larutan garam yang steril. 

    Berikan air hangat 

    Kalau si kecil sudah MPASI, maka boleh berikan air supaya tenggorokannya tidak kering. Kalau perlu tambah dengan pijatan lembut di area punggung juga dada si kecil pakai minyak balur untuk bayi dan bisa dipesan dengan menghubungi kontak di bawah

    Cara Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi 1 Tahun 

    Beberapa langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya juga menjadi cara mengatasi batuk pilek pada bayi 1 tahun. Selain tips tersebut, pastikan juga si kecil:

    • Beristirahat secara baik dan cukup. Buatlah suasana kamarnya menjadi nyaman sehingga tidurnya nyenyak dan pastikan sirkulasi udara cukup bagus.
    • Saat berbaring, pastikan kepala si kecil agak lebih tinggi, supaya dia bisa bernafas dengan lega dan mengurangi hidung tersumbat
    • Selain memberinya ASI dan air hangat, bisa berikan jus buah secukupnya. Kalau usianya sudah di atas setahun, boleh diberikan madu dan campurkan sedikit perasan lemon.
    • Seperti disebutkan di atas, berikan pijatan lembut menggunakan minyak balur untuk bayi seperti minyak esensial atau gunakan alat pelembab udara.

    Cara Meredakan Batuk Pada Bayi Dengan Cepat

    Bunda dapat menempuh langka sebelumnya sebagai salah satu cara mengatasi batuk pada bayi dengan cepat. Semua tergantung kemauan bunda dan kondisi anak. Kalau batuknya tidak ada gejala penyakit lain, maka batuk bisa berhenti sebelum dua pekan.

    Lantas gejala seperti apa yang ditunjukkan dan membutuhkan penanganan dokter? Perhatikan poin-poin berikut

    1. Jika usia bayi yang batuk belum cukup tiga bulan 
    2. sudah berlangsung selama 10 hari dan tidak ada perubahan, mengalami demam tinggi, dan suhu badan anak lebih dari 38 derajat
    3. Mengalami sesak yang membuatnya sulit bernafas 
    4. Dahak serta ingusnya sudah berwarna kuning bahkan kehijauan

    Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur

    Sementara itu, cara mengatasi batuk pada anak saat tidur beberapa langkah bisa dicoba. Langkah sederhana adalah memperbaiki posisi bagian kepala. Angkat posisi area atas atau kepala lebih di atas dari posisi badan. Jauhkan anak yang dianggap sumber alergi seperti debu, asap rokok, maupun polutan.

    Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi Umur 7 Bulan

    Di atas sudah banyak dijelaskan cara meredakan tenggorokan berlendir  dan flu pada anak termasuk cara mengatasi batuk pilek pada bayi umur 7 bulan. Jadi sesuaikan saja usianya. Kalau si kecil sudah makan, pastikan dukung nutrisinya tetap terpenuhi dan jangan lupa trik pijitan di area tenggorokan, bisa juga di punggung atau dada pakai minyak balur untuk bayi yang aman untuk kulit bayi bisa langsung pesan dengan menghubungi nomor WhatsApp di bawah.

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.