Ketahui Ciri Bayi Kolik

    ciri–ciri bayi kolik

    Umumnya, ciri bayi kolik ditemui para ibu adalah tangisan bayi bisa terjadi berjam – jam. Tentunya, ibu – ibu sangat khawatir jika balita menangis dalam jangka waktu lama bahkan sulit untuk ditenangkan. Namun, ternyata menurut sebagian besar dokter anak, kolik yang dialami bayi dinilai wajar. Itu karena kondisi tersebut bukan termasuk masalah bayi yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karenanya bunda perlu tau ciri-ciri bayi kolik

    Meski bukan termasuk gangguan kesehatan serius, tentunya para ibu akan khawatir jika tangisan buah hati tanpa henti dan berlangsung lama. Hal tersebut karena bayi terus akan susah tidur jika terus menangis. Oleh karenanya, para ibu perlu mengetahui penyebab bayi dalam kondisi kolik. Tentunya, jika para ibu tahu penyebab kolik, Anda dapat mencegah terjadinya kolik bayi.

    Perlu diketahui, bagi new baby atau bayi berusia 0 hari, kolik dianggap wajar. Fenomena tersebut terjadi karena bayi sedang beradaptasi pada lingkungan baru. Biasanya, bayi berumur 0 – 30 hari akan menangis terus kurang lebih selama 3 jam sehari. Biasanya kondisi kolik tersebut berlangsung lama, seperti 3 hari berurutan dalam satu minggu.

    Berikut ciri kolik dan penyebabnya, patut orang tua pahami. Untuk lebih memahaminya, simak informasinya dengan saksama.

    Ciri Bayi Kolik yang Biasa Terjadi

    Tentunya, para ibu ingin buah hatinya dalam kondisi tenang, nyaman, dan terhindar dari kolik. Memang kolik bukan masalah besar bagi  kesehatan bayi, tetapi jika tangisan bayi terjadi dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu. Supaya ibu menjadi orang tua yang siaga, berikut adalah ciri bayi kolik yang umum terjadi.

    1. Tangisan bayi terus – menerus pada siang hari. Tangisan tersebut juga terjadi di sore hari.
    2. Ciri – ciri tubuh bayi ketika alami kolik adalah sebagai berikut.

    Memerah pada wajah bayi.

    Tangan bayi mengepal ketika menangis.

    Lemas pada punggung bayi bahkan terlihat melengkung.

    1.  Bayi menangis hingga suara tangisannya melengking tinggi terdengar seperti tangisan sambil berteriak.
    2. Tubuh balita lemas saat digendong.
    3. Bayi kurang nafsu makan bahkan sampai alami penurunan  berat badan.
    4. Sistem pencernaan bayi tidak lancar bahkan kesulitan buang air kecil. Selain itu, bayi juga alami sulit buang air besar.
    5. Kondisi lainnya, bayi bisa mengalami sulit bernapas karena tangisan yang terus – menerus.
    6. Kulit membiru bahkan ada juga bayi yang terlihat pucat.

    Itulah ciri bayi yang alami kolik dan  perlu diwaspadai oleh ibu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kolik mudah mengatasinya. Selain bisa berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa mengatasi kolik menggunakan minyak balur calmy.

    Penyebab Terjadinya Kolik yang Perlu Dihindari Para Ibu

    Pada dasarnya, penyebab kolik ini belum bisa diketahui pasti. Hal tersebut karena kondisi tubuh bayi yang berbeda – beda. Adapun penyebab terjadinya kolik yang umum terjadi adalah sebagai berikut.

    1. Penyebab Psikologis

    Sama halnya dengan kondisi tubuh orang dewasa, bayi juga mudah lelah. Kelelahan pada bayi ini adalah penyebab psikologis bayi alami kolik. Umumnya, pemicu kelelahan adalah rasa tidak nyaman pada diri bayi terhadap lingkungannya. Selain itu, bayi yang merasa tidak nyaman akan alami stres. Oleh karena itu, orang tua harus memahami kondisi psikologis bayi supaya terhindar dari kolik.

     

    1. Bayi Mengalami Alergi Susu

    Penyebab kolik lainnya adalah bayi mengalami alergi susu. Bagi bayi yang masih mengkonsumsi ASI, para ibu harus hati – hati dalam mengonsumsi makanan. Hal tersebut supaya ASI yang ibu berikan kepada bayi tidak memicu alergi. 

     

    1. Ada Gas pada Pencernaan, Terutama Perut Bayi

    Bisa dikatakan, pencernaan bayi tidak lancar. Kemungkinan besar terdapat gas pada perut balita. Perut yang terindikasi gas pada bayi, bisa jadi penyebab bayi alami kolik. Oleh karena itu, bagi para ibu disarankan untuk menjaga buah hati supaya bayi tidak menelan udara.

     

    Minyak Balur Calmy Bisa Atasi Ciri Bayi Kolik 

    Perlu ibu ketahui, cara yang ampuh untuk atasi kolik bayi adalah menggunakan minyak balur calmy. Kabarnya, minyak balur yang satu ini aman dan tanpa efek samping untuk atasi kolik bayi. Oleskan calmy pada tubuh bayi, maka bayi ibu akan tertidur lelap dan bebas tangis.

    Selain itu, minyak balur calmy juga higienis dan terbuat dari bahan – bahan alami tanpa bahan kimia. Minyak yang satu ini sudah tersertifikasi halal dan terdaftar di BPOM. Ada lagi kelebihan calmy yang menjadi favorit para ibu, yaitu memiliki banyak varian, seperti: calming kids, mealtime, dan active kids.

    Keuntungan lainnya menggunakan minyak balur calmy adalah bisa menjadi reseller. Tentunya, dengan menjadi reseller, para ibu akan mendapatkan pendapatan tambahan. Anda bisa mendaftar program reseller calmy ini di alamat https://calmy.id. Bukan rahasia lagi, dengan menjadi reseller minyak balur yang satu ini, ibu akan mendapatkan banyak reward. Itu karena calmy sudah dipercaya atasi gangguan kesehatan pada bayi dan anak.

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.