Pijat Kolik untuk Bayi, Bunda Wajib Tau Ini!

    Pijat kolik untuk bayi

    Pijat Kolik untuk Bayi, Bunda Wajib Tau Ini! Bunda mungkin khawatir dan bingung ketika bayi menangis berjam-jam tanpa henti. Nah, kondisi seperti ini seringkali disebut sebagai kolik. Bayi yang mengalami kolik akan menangis hingga 4 jam lamanya tanpa alasan yang jelas. Namun, hal tersebut termasuk normal lho bun. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga ia akan lebih sensitif terhadap sekitar. Selain itu, sistem pencernaan dan sistem tubuh bayi yang belum sempurna memicu adanya penumpukan gas dalam perut bayi, apalagi ketika ia sedang menyusu. Nah, pijat kolik untuk bayi bisa jadi solusi untuk mengatasi kondisi tersebut bun. 

    Gejala Bayi Kolik 

    Pada penjelasan sebelumnya tentunya bunda sudah paham mengenai apa itu bayi kolik dan penyebabnya. Meskipun kondisi tersebut bukan termasuk masalah kesehatan pada bayi, tetapi bunda harus lebih aware lagi tentang bagaimana gejalanya. Sehingga ketika hal itu terjadi bunda dapat langsung melakukan penanganan dengan tepat. Karena jika kondisi tersebut Anda biarkan akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada bayi. 

    Berikut ini gejala bayi kolik: 

    • Bayi menangis terus-terusan tanpa henti
    • Suara tangisan bayi terdengar kencang, seperti menunjukkan ketidaknyamanan 
    • Wajah bayi mungkin memerah saat menangis 
    • Bayi menangis di waktu-waktu tertentu yang sudah bisa Anda tebak. Seperti sore atau malam hari. Hal ini bisa jadi karena pengaruh suhu lingkungan sekitarnya. 
    • Bayi mungkin menunjukkan perubahan postur tubuh, seperti kaki melingkar, tangan mengepal, dan otot perut yang mengencang 
    • Bayi mengalami kesulitan tidur atau tidur terputus-putus
    • Bayi mungkin menunjukkan tanda-tanda yang menunjukkan ketidaknyamanan seperti menggigit-gigit atau menghisap tangan, mengeluarkan gas atau bersendawa lebih sering, dan memiliki tinja yang lebih encer atau lebih keras dari biasanya

    Perlu bunda ingat bahwa kondisi bayi kolik mungkin berbeda-beda. Untuk mengatasi hal itu, Bunda bisa melakukan pijat kolik untuk bayi. 

    Manfaat pijat kolik untuk bayi

    Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sistem pencernaan yang belum sempurna pun membuat bayi jadi lebih sensitif.  Dengan melakukan pijat kolik untuk bayi, Anda dapat membantu memperbaiki sirkulasi udara dalam perut bayi dan mengurangi ketidaknyamanan akibat penumpukan gas. Selain itu, manfaat dari pijat kolik untuk bayi juga dapat membantu merangsang sistem pencernaan bayi memproses makanan dengan lebih baik. 

    Cara Tepat Melakukan Pijat Kolik untuk Bayi

    Bunda dapat mengatasi masalah bayi kolik dengan melakukan pijatan yang lembut menggunakan minyak telon yang aman untuk bayi. Selain akan memberi kehangatan pada bayi, aroma minyak telon ini pun dapat membuat bayi menjadi lebih tenang. 

    Berikut adalah langkah-langkah cara pijat kolik untuk bayi:  

    1. Bersihkan tangan dan pastikan kuku terpotong dengan rapi, untuk menghindari agar kulit bayi tidak terluka
    2. Letakkan bayi di atas permukaan yang datar dan nyaman seperti bantal atau tempat tidur bayi yang empuk.
    3. Teteskan sedikit minyak telon pada telapak tangan Bunda dan gosok-gosokkan tangan hingga minyak menjadi hangat
    4. Usap perut bayi dengan gerakan melingkar searah jarum jam menggunakan tangan yang dilapisi minyak telon 
    5. Gunakan ujung jari Anda untuk memberikan sedikit tekanan pada bagian bawah tulang rusuk bayi, sekitar 2,5 cm di bawah tulang rusuk 
    6. Pijat bagian bawah perut bayi dengan gerakan memutar dengan tekanan yang lembut
    7. Lakukan gerakan memutar sekitar 10 kali sebelum berganti ke bagian lain dari perut bayi
    8. Pijat perlahan bagian atas perut bayi dengan gerakan memutar dan tekanan yang lembut. Lanjutkan hingga Anda mencapai area sekitar dada. 
    9. Lakukan pijatan pada area sekitar usus besar yang terletak di sebelah kiri perut bayi. Lalu, pijat dengan gerakan memutar dan tekanan yang lembut selama beberapa menit. 
    10. Terakhir, gerakkan kaki bayi dengan gerakan seperti bersepeda. Hal Ini juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat gas pada perut bayi. Jangan kaget ya bun ketika melakukan gerakan ini bayi akan buang angin.

    Ketika melakukan pijat kolik untuk bayi, pastikan Bunda menggunakan minyak telon yang aman untuk bayi dan hanya menggunakan sedikit minyak saat melakukan pijatan. Salah satu minyak telon andalan para ibu adalah Calmy. Terbuat dari 100% bahan herbal seperti minyak kayu putih, camomile, eucalyptus dan lainnya yang telah teruji secara klinis dan BPOM.

    Dapatkan segera minyak telon dan produk Calmy lainnya di toko, atau apotek terdekat. Selain itu Bunda juga dapat membeli langsung melalui store resmi Calmy dengan menghubungi nomor berikut ini +62 811-339-4040. Atau melalui online shop kesayangan Anda seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Stockist.

    Atasi masalah kondisi bayi kolik bersama produk Calmy. Aman, Nyaman, dan terpercaya.

     

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.