Tanda-tanda Bayi Masuk Angin, bunda wajib tau!

    Tanda-tanda Bayi Masuk Angin

    Tanda-tanda bayi masuk angin. Memasuki tahun 2023 musim di indonesia terus berubah-ubah tidak menentu. Terkadang pagi hari bisa terasa sangat panas namun tiba-tiba siang hari bisa turun hujan dengan derasnya. Nah, di musim yang seperti ini pertumbuhan virus sedang subur-suburnya, bayi yang belum memiliki imun yang sempurna akan mudah terserang sakit. Seperti demam, flu atau bahkan masuk angin. Iya masuk angin bund. Ternyata tidak hanya orang dewasa saja lho yang bisa terserang masuk angin, bayi atau balita juga bisa terkena masuk angin. Seperti yang sering kita tau, kondisi ini meliputi seperti perut kembung dan keinginan untuk buang angin yang lebih sering. Jika terjadi pada orang dewasa saja rasanya lemas bikin enggan kemana-kemana ya bund. Apalagi kalau sampai terjadi pada si kecil, tentu rasanya tidak tega sekali. Bayi yang mengalami masuk angin akan lebih sering rewel, sehingga bunda mungkin bingung apa yang harus dilakukan untuk menenangkannya. Perlu anda pahami bahwa masuk angin adalah kondisi umum terkait masalah pencernaan yang seringkali terjadi. Supaya bunda tidak panik dan khawatir berlebihan ketika hal ini terjadi, yuk ketahui penyebab dan tanda-tanda bayi masuk angin serta bagaimana cara mengatasinya. 

    Sebab-sebab Bayi Masuk Angin

    Bayi bisa masuk angin karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya sempurna dan rentan terhadap infeksi atau perubahan suhu. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi masuk angin meliputi: 

    • Paparan udara dingin atau AC yang terlalu dingin 
    • Kontak dengan orang yang sakit atau terkena virus 
    • Paparan asap rokok atau polusi udara 
    • Pemakaian baju yang terlalu tipis atau terlalu tebal 
    • Pemakaian baju yang lembab atau berkeringat 
    • Paparan alergen atau zat iritan lainnya 
    • Kurang tidur 
    • Kondisi lingkungan yang kotor dan tidak higienis 

    Untuk mencegah bayi masuk angin, penting untuk menjaga lingkungan bayi tetap bersih dan higienis, memastikan bayi selalu terlindungi dari suhu yang ekstrem, serta memastikan bayi mendapatkan cukup istirahat dan asupan gizi yang seimbang.

    Ketahui Apa Saja Tanda-tanda Bayi Masuk Angin

    Lalu apa saja sih tanda-tanda bayi masuk angin? Bayi yang terkena masuk angin akan merasa badannya tidak enak sebab adanya penumpukan gas pada perutnya membuat ia tidak nyaman. Sehingga tanda pertama yaitu bayi akan lebih mudah rewel dan menangis. 

    Tanda kedua, bayi menjadi susah tidur dan tidak nafsu makan. Tanda ketiga, bayi lebih sering menggeliat seperti menahan sakit. Dan tanda keempat mata dan hidung bayi berair bisa menjadi tanda bahwa bayi mengalami masuk angin. 

    Atasi bayi masuk angin dengan cara ini

    Jika Anda sudah melihat tanda-tanda bayi masuk angin seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka jangan panik ya bun. Saya faham atas kekhawatiran Anda, tetapi jika anda panik hal tersebut malah akan menambah bingung keadaan. Maka kuncinya tetap tenang, dan Anda bisa mengatasinya dengan melakukan hal berikut ini:

    1. Gerakan lah kakinya seperti gerakan sedang mengayuh sepeda. Hal ini bertujuan agar gas dalam perutnya bisa keluar baik melalui sendawa ataupun melalui buang angin. 
    2. Ubah posisi Anda dalam menyusui. Susuilah dengan posisi bayi tegak dan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Hal ini akan membantu susu mengalir dengan lancar ke perut bayi dan mencegah udara tertelan dalam proses menyusui. Jika udara terjebak dalam perut bayi akan menyebabkan kembung yang memicu kondisi masuk angin. 
    3. Memijat bayi. Salah satu cara paling efektif dalam mengatasi bayi yang masuk angin adalah dengan memijat bayi menggunakan minyak pijat bayi. Salah satu minyak pijat bayi andalan para bunda adalah Calmy, terbuat dari 100% bahan alami yang sudah teruji klinis secara BPOM, terpercaya mampu memberi kehangatan dan mengatasi masalah masuk angin pada bayi. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak Calmy pada perut dan punggung bayi kemudian pijat secara lembut dan perlahan.

    Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab dan tanda-tanda bayi masuk angin serta bagaimana cara mengatasinya. Di kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, jaga kehangatan dan kenyamanan si kecil dengan minyak telon Calmy. Dapatkan segera berbagai produk Calmy lainnya di toko online kesayangan Anda. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor berikut ini +62 811-339-4040.

    © 2024 Calmy

    User Login

    Lost your password?


    Shopping Cart

    No products in the cart.