Naturally Calm Your Baby
No products in the cart.

User Login

Waktu Yang Tepat Untuk Pijat Bayi

Waktu yang Tepat Untuk Pijat Bayi

Banyak keajaiban yang bisa diberikan melalui pemijatan pada bayi. Riset terbaru membuktikan dapat mempersingkat masa tinggal bayi di rumah sakit pasca kelahirannya. Bayi bisa lebih cepat di bawah pulang kerumah dibandingkan yang tidak dipijat. Kesehatan bayi juga semakin meningkat ditandai dengan peningkatan berat badan hingga 47%.

Layanan pemijatan bayi juga sudah semakin banyak saat ini. Tujuannya hanya satu memberikan kenyamanan bagi para bayi melalui pemijatan. Tak ayal para orang tua rela mengeluarkan uang banyak demi memaksimalkan pertumbuhan bayi mereka. Memijat bayi haruslah hati-hati mengingat tubuh mereka yang masih rentan dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk pijat bayi.

Manfaat pijat bayi. Sentuhan yang didapatkan bayi melalui pijat terbukti dapat membentuk pribadi positif yang mudah tersenyum, tertawa, pemberani dan mudah bergaul. Memijat memberikan ketenangan dan kenyamanan. Efek lain yang dirasakan bayi adalah nafsu makan yang meningkat dan efektivitas dalam tidurnya. Memijat bayi dengan minyak aromaterapi memperbaiki kondisi mental, meningkatkan kecerdasan dan mengasah kemampuan interaksi sosial bayi.

Terapi sentuhan melalui pijat bayi merubah fisiologi bayi. Peningkatan hormon bahagia dan pengurangan hormone stress dapat dipicu dengan memijat bayi secara rutin. Memijat dengan minyak aromaterapi membuat bayi menjadi rileks. Sirkulasi darah semakin meningkat, sirkulasi udara di kulit semakin membaik Stimulus yang diberikan melalui minyak aromaterapi untuk pijat bayi membuat mereka nyaman dan mengantuk. Meski tak jarang bayi rewel saat pertama kali, mayoritas mereka akan tertidur lama setelah selesai dipijat.

Memijat juga memperbaiki konsentrasi dan meningkatkan kecerdasan pada bayi. Memijat bayi dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otaknya. Dengan demikian suplai oksigen ke otak bayi lancer sehingga konsentrasi mereka dapat meningkat. Sebuah riset menemukan anak yang diberi pijatan 2×15 menit setiap pekan dalam jangka waktu 5 minggu mampu meningkatkan kemampuan mereka mengerjakan soal matematika.

Sentuhan pada kulit melalui pijat bayi memberikan stimulasi ke otak dan sistem saraf. Stimulasi tersebut menyempurnakan otak dan sistem saraf dengan meningkatkan komunikasi otak ke tubuh, sentuhan akan mengaktifkan sel neuron otak. Otak bayi jadi terpacu yang akan membuat bayi lebih sigap dan lincah menanggapi. Selain itu memijat bayi meningkatkan gerak peristaltis sehingga merangsang dan membantu melancarkan pencernaan bayi.

Waktu yang tepat memijat bayi. Aktivitas tidur bayi sangat penting pada fase awal tumbuh kembang mereka.

  1. Pijat bayi di pagi hari sebelum mandi. Siapkan diri dan bayi anda sebelum melakukan pijat. Pemijatan di pagi hari bertujuan untuk memudahkan membersihkan minyak yang menempel di tubuh bayi.
  2. Pijat bayi di malam hari sebelum tidur. Waktu ini dianjurkan agar bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas usai dipijat.
  3. Hindari membangunakn bayi sebelum melakukan pemijatan. Memijat bayi di waktu yang tidak tepat seperti membangunkan dari tidur akan mengganggu mereka.
  4. Pijatlah bayi anda sekitar 15 menit setelah si kecil makan. Memijat bayi sesaat setelah makan mengakibatkan gangguan pencernaan. Bayi bisa muntah karena lambung masih penuh makanan, sehingga ketika mendapat goncangan dan gerakan peristaltic makan maka pencernaan akan terganggu
  5. Gerakan memijat bayi sebaiknya disesuaikan dengan perkembangan usia bayi. Usia 0-1 bulan cukup dipijat dengan gerakan halus seperti mengusap. Usia 1-3 bulan pijatkan dengan gerakan halus sambil sedikit memberikan tekanan ringan dalam waktu yang singkat. Usia >3 bulan tenakan pemikatan semakin meningkat